Info Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2024
  • Selamat datang di website SMK Negeri 1 Kemangkon
  • Selamat datang di website SMK Negeri 1 Kemangkon
11 Maret 2022

PEMAHAMAN RUMUS TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN KARTU SINGKATAN

Jum, 11 Maret 2022 Dibaca 9x Artikel

PEMAHAMAN RUMUS TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN KARTU SINGKATAN

Penulis : Erni Wijiati,S.Pd

Guru Matematika SMK Negeri 1 Kemangkon

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa terlepas dari matematika. Setiap manusia dari kalangan apapun atau strata manapun menggunakan matematika dalam kesehariannya. Dari zaman ke zaman matematika selalu digunakan dalam setiap kehidupan. Mulai dari kegiatan di rumah, di pasar bahkan kegiatan pembangunan pun memerlukan matematika. Sektor Ekonomi, Kemaritiman, Penerbangan bahkan pembangunan infrastuktur Negara juga menggunakan perhitungan matematika. Menurut Kline (1973)  “Matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika.” Berdasarkan pendapat Kline dapat diambil kesimpulan bahwa matematika dapat membantu mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan.

Pendidikan di sekolah kejuruan memiliki tujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan siswa untuk hidup secara mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya (Permendiknas no 22 tahun 2006). Menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang wajib bagi setiap jenjang pendidikan, merupakan salah satu usaha pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut. Diharapkan dengan diterapkan matematika menjadi pendidikan wajib, nantinya siswa mendapatkan pendidikan yang bermakna dan mampu terjun kemasyarakat sesuai kodrat zaman. Sejalan dengan arah pendidikan matematika di sekolah kejuruan, yaitu mencetak generasi yang memiliki keahlian sesuai kodrat alam dan zaman. Maka matematika juga sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan seperti ilmuwan, insinyur, akutan pajak dan sebagainya.

Dalam berbagai materi matematika di SMK, materi Trigonometri menjadi salah satu materi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan di masa yang akan datang. Tetapi trigonometri merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami konsep, siswa kesulitan terkait perbandingan trigonometri pada sudut istimewa, serta kesulitan memahami dan menghafalkan rumus trigonometri. Berbagai cara dan metode serta penelitian banyak dipaparkan oleh para ahli dalam mengatasi masalah siswa tentang materi trigonometri ini. Cara yang bisa dilakukan sebagai strategi praktis  untuk mengatasi masalah kesulitan memahami dan menghafalkan rumus trigonometri yaitu dengan membuat kartu singkatan. Caranya pertama dengan menuliskan rumus trigonometri pada sebuah kartu yang sudah dibuat menggunakan kertas. Kertas bisa berupa kertas karton atau kerta lain yang agak tebal dengan ukuran kecil. Kedua, kita bisa membuat singkatan dari rumus tersebut dengan mengambil dan mengabungkan setiap suku kata awal setiap elemen rumus. Dalam menulis singkatan bisa menggunakan warna yang menarik. Ketiga, dari kartu-kartu tersebut kita susun menjadi sebuah booknote yang bisa dibawa kemanapun siswa pergi. Sehingga diharapkan kemanapun siswa membawa buku tersebut bisa menghafalkan singkatan dari setiap rumus agar mudah diingat.

Harapannya dengan siswa mampu untuk hafal dengan rumus trigonometri kedepannya siswa lebih mudah untuk memahami rumus. Ketika siswa sudah memahami rumus tentunya penerapan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan trigonometri lebih mudah untuk diselesaikan. Tentunya tidak meninggalkan konsep awal dalam pemahaman materi. Karena konsep dasar trigonometri merupakan pondasi dalam mempelajari materi trigonometri selanjutnya. Hasil akhir dari pemahaman tersebut adalah siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan trigonometri.

Daftar Pustaka

Dicky Susanto, dkk, 2021, Matematika untuk SMA/SMK Kelas X, Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahmawati Yulia, Strategi Mnemonic Dengan Menggunakan Kartu Make A Match Pada Materi Trigonometri, Vol. XIII No.3 Januari 2019, https://scholar.google.com.my/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PEMAHAMAN+RUMUS+TRIGONOMETRI+MENGGUNAKAN+KARTU+SINGKATAN&btnG=

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar