Rabu, 29 Nov 2023
  • Selamat datang Calon siswa baru di SMK Negeri 1 Kemangkon

Asyiknya Praktikum Fisika Jarak Jauh Menggunakan PhET Colorado Simulations

Asyiknya Praktikum Fisika Jarak Jauh Menggunakan PhET Colorado Simulations

 

oleh : Gilang Ramadhan, S.Pd

 

Adanya pandemi virus corona yang mewabah di seluruh dunia mempengaruhi semua sektor kehidupan manusia termasuk di dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya hanya tatap muka secara langsung di dalam kelas dipaksa untuk dilakukan secara jarak jauh. Berbagai penyesuaian dilakukan oleh semua pihak utamanya guru untuk mewujudkan pembelajaran bermakna bagi siswa agar pelayanan terbaik dapat diberikan. 

Pembelajaran sains seperti kimia, fisika dan biologi di jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan yang seharusnya dipenuhi dengan praktikum-praktikum guna membangkitkan rasa keingintahuan siswa pun harus dilakukan secara jarak jauh. Guru mata pelajaran tersebut tentunya harus memutar otak melakukan inovasi agar pembelajaran bagi siswanya tetap utuh terlaksana. Salah satu cara untuk mewujudkan pengalaman pembelajaran yang utuh dan menyenangkan di masa pembelajaran jarak jauh ini adalah praktikum menggunakan simulasi. 

Menurut Noah (2006) Physics    Education    Technology (PhET) adalah  simulasi  yang  dibuat  oleh  (University  Of Colorado)  yang  berisi  simulasi  pembelajaran  fisika, biologi,  dan  kimia  untuk  kepentingan  pembelajaran dikelas  atau  belajar  individu.  Kelebihan  simulasi PhET yaitu menekankan hubungan antara fenomena kehidupan   nyata   dengan   ilmu   yang   mendasari, mendukung  pendekatan  interaktif  dan  kontruktivis, memberikan umpan  balik, dan  menyediakan  tempat kerja kreatif. Jadi, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh siswa dan guru.

Penulis disini merupakan guru fisika sehingga yang akan kita bahas lebih lanjut adalah mengenai praktikum fisika. Praktikum yang beberapa waktu lalu sempat dipraktikkan oleh penulis bersama para siswa. Langkah pertama yang dilakukan oleh penulis adalah membuat panduan praktikum berbentuk pdf dan berbentuk video. Panduan ini dikonsultasikan ke ahli untuk mendapatkan penilaian ahli (expert judgement) sebelum digunakan oleh para siswa. Setelah dinyatakan layak oleh ahli, langkah selanjutnya adalah sosialisasi terkait praktikum jarak jauh kepada para siswa. Guru mengajak para siswa untuk melakukan google meeting atau pertemuan virtual guna mendapatkan penjelasan terkait praktikum yang akan mereka lakukan. Siswa antusias melakukan google meet ini meskipun beberapa ada yang terkendala sinyal. Selanjutnya para siswa diminta untuk melakukan praktikum menggunakan Phet Simulation ini di rumahnya masing-masing. Di dalam panduan yang dibuat guru, terdapat tautan untuk memudahkan siswa menuju web Phet untuk praktikum. Siswa yang kesulitan dalam melakukan praktikum bisa berkonsultasi dengan guru melalui aplikasi pesan singkat. Kemudian siswa diminta membuat laporan berbentuk tulisan dan video tangkapan layar saat mereka melakukan praktikum. Selain melakukan praktikum secara jarak jauh ini, siswa sekaligus juga belajar mengedit video sehingga keterampilan yang didapatkan lebih banyak. Keterampilan edit video dewasa ini juga merupakan keahlian yang dibutuhkan di dunia usaha. 

Siswa juga diminta membuat video yang berisi testimoni setelah melakukan praktikum secara jarak jauh. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa praktikum yang dilakukan asyik dan menyenangkan. Pemahaman yang mereka peroleh juga lebih baik saat belajar menggunakan phet simulation. Terbukti dari hasil pretes dan postes yang meningkat saat menggunakan simulasi ini. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Saputra dkk (2020) terdapat pengaruh penerapan pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajara siswa yakni mengalami peningkatan. sangat saya sarankan agar bapak ibu guru utamanya guru sains untuk mengajar jarak jauh menggunakan simulasi karena akan meningkatkan hasil belajar. 

 

Daftar Pustaka

Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459

Noah,  Finkelstein.  2006. Higtech  Tools  Fot Teaching     Physics     Education     Technology Project.  Merlot  Journal  Of  Online  Learning  And Teaching. 2 (3). 110-121.

 

KELUAR