Info Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2024
  • Selamat datang di website SMK Negeri 1 Kemangkon
  • Selamat datang di website SMK Negeri 1 Kemangkon
14 Maret 2023

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Sel, 14 Maret 2023 Dibaca 8x Artikel

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Oleh: Fera Anjeli

XII.1

 

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi memilki pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat. Komunikasi merupakan hal yang penting dan selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, alat untuk bertukar informasipun juga semakin canggih dan beragam.Terlebih lahirnya media sosial memilki dampak yang besar bagi masyarakat. Media sosial menghapus batasan-batasan dalam bersosialisasi, ruang maupun waktu dan jarak yang jauh sekalipun. Dengan media sosial kita bisa bertukar informasi kapanpun, dan dimanapun.

Media sosial memilki banyak manfaat jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, atau sebaliknya kita yang dimanfaatkan oleh media sosial itu sendiri, semua tergantung bagaimana kita dalam menggunakannya. Di zaman modern ini, media sosial menjadi hal yang lumrah dan mungkin harus dimiliki. Berbagai kalangan, orang tua, remaja, anak-anak sekalipun pasti memilki media sosial. Media sosial tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena sudah melekat dan mandarah daging dikalangan masyarakat. Bahkan ada anggapan bahwa orang yang tidak mempunyai media sosial adalah orang yang kurang pergaulan.

Media sosial memiliki dampak positif dan negative. Dampak positif dari adanya media sosial seperti, memudahkan kita berkomunikasi dengan orang yang jauh, berdagang, dalam bidang bisnis, memperluas pergaulan, mengekspresikan diri, mendapatkan informasi dengan cepat dll. Hal yang mungkin menarik akan mudah untuk terkenal atau viral. Sementara itu dampak negatif dari adanya media sosial seperti kecanduan terhadap medsos, mudahnya seseorang untuk menyebarluaskan informasi pribadinya, beredarnya berita hoax, berkurangnya kemampuan sosial, membandingkan diri dengan orang lain, perundungan, fitnah dan profokasi. Ketidak pandaian dalam mengontrol penggunaan media sosial inilah yang akan menjadi celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya.untuk itulah kita sebagai penikmat media sosial harus pandai dalam berselancar di dunia maya agar semua dampak buruk penggunaan media sosial dapat terhindar.

Perlu di perhatikan bahwa mengikuti perkembangan zaman itu harus, tapi jangan sampai kita yang diperalat oleh media sosial. Adapun cara untuk mencegah agar tidak kecanduan terhadap media sosial yakni melakukan kegiatan yang bermanfaat, membatasi waktu penggunaan, melakukan kegiatan yang bermanfaat atau hobi yang digemari. Dalam hal ini, peran orang tua juga sangat penting dalam hal ini untuk mengawasi dan mengarahkan putra putrinya agar tidak salah dalam penggunaan media sosial yang mendunia ini. Sebagai generasi muda kita harus pandai dalam berfikir dan bertindak agar bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju. Jika kita bisa bijak dalam menggunakan teknologi bukan tidak mungkin  hal-hal yang yang tidak diinginkan tersebut bisa kita hindari atau dihilangkan.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar